Posted by

ROBOTA Robotics School adalah lembaga pendidikan yang khusus bergerak di bidang pendidikan teknologi otomatisasi. Kami mengajarkan kepada generasi muda pendidikan teknologi canggih yang menitikberatkan pada penerapan ilmu matematika, sains dan IT yang dikemas dalam proses belajar yang menyenangkan seperti layaknya sedang bermain.
Sebagai pelopor di bidang usaha pendidikan robotika di tanah air, kami memiliki pengalaman yang memadai serta telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat luas.

ROBOTA Robotics School hadir untuk memenuhi sarana belajar bagi generasi muda seluruh Indonesia dari tingkat SD sampai SMA yang berminat menekuni bidang teknik terutama rancang bangun, mekanika, elektronika, dan robotika. ROBOTA telah bekerjasama dengan beberapa sekolah untuk menyelenggarakan Ekstrakurikuler Robotika. Dengan perguruan tinggi juga dijalin kerjasama dalam hal penelitian dan pemberdayagunaan robot.

Metode Belajar
Dari pengalaman kami sebagai pendidik kami dapat mengambil kesimpulan bahwa metode dan materi pembelajaran konvensional membatasi kemampuan alami anak untuk belajar karena metode dan materi pembelajaran konvensional memberikan rute yang spesifik dalam pencapaian solusi. Anak dibatasi dengan variasi yang terbatas dalam pemecahan masalah, bahkan untuk sebagian besar kasus hanya satu.

Menurut pendapat kami, para pendidik seharusnya mengajarkan anak untuk lebih ingin tahu mengenai berbagai hal di sekitar mereka, bagaimana memecahkan masalah, kemana harus mencari solusi dan menemukan jawaban. Jika anak memiliki skill tersebut maka mereka akan dapat memecahkan berbagai masalah.

ROBOTA Robotics School hadir dengan metode pembelajaran yang bersifat open-ended problem-solving yaitu metode pembelajaran dimana tidak ada batasan dalam pencapaian solusi, anak menjadi ingin tahu, dan berani mengekspresikan ide orisinil mereka.

Robotik adalah cara yang efektif bagi guru dalam mengajarkan ilmu sains, TI, dan matematika.
Melalui robotik anak akan mengenal teknik-teknik yang benar-benar dipakai dalam dunia sains, desain, permesinan dan TI. Mereka akan mendisain, membangun, dan memprogram model yang betul-betul berfungsi. Dan mereka akan bertingkah layaknya seorang ilmuwan muda, melakukan investigasi, kalkulasi, menilai hasil kerja, mencatat serta mempresentasikan hasil kerja mereka.

Setiap grup terdiri dari maksimal 4 anak yang bekerja bersama dalam metode problem-solving. Mereka akan diberi tantangan yang harus dipecahkan bersama. Materi dan aktivitas yang diberikan akan memperkenalkan mereka pada aplikasi teknologi otomatisasi yang sama dengan yang dipakai di dunia industri saat ini dan membekali mereka dengan skill yang mereka butuhkan untuk dapat menyelesaikan masalah dengan cara mereka sendiri.

ROBOTA Robotics School akan membantu anak dalam meningkatkan skill dengan membangun dan memprogram robot pintar dengan cara yang alami, melalui proses pembelajaran langkah demi langkah. Dengan bantuan modul robotik dari produk robotik terkenal di dunia seperti FischerTechnik serta dikombinasikan dengan kurikulum ROBOTA Robotics School yang progresif maka kami dapat memberi alat yang tepat kepada anak untuk menuangkan pengetahuan mereka ke dalam praktek, kemudian menantang mereka untuk menghasilkan ide segar sendiri.

“Kami membantu generasi muda untuk meningkatkan kemampuan dalam: memecahkan masalah, berpikir kritis, mengumpulkan dan berbagi informasi secara efektif, dan bekerja sama secara efektif dalam tim; Skill yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja di masa yang akan datang namun secara umum diabaikan di sekolah-sekolah formal saat ini”.